Apa yang biasa Anda lakukan di pagi hari?

Bangun terlambat? Terus mandi terburu-buru, tidak sempat sarapan, dan berangkat ke kantor?

Saya juga kadang mengalaminya, tapi tidak setiap hari… hehehe.

Tahukah Anda, ternyata hal-hal yang biasa kita lakukan di pagi hari bisa berpengaruh terhadap karir kita. Sebuah survey menunjukkan bahwa seseorang yang bangun lebih pagi memiliki otak yang lebih tajam dibanding yang bangun telat.

Kebanyakan orang sukses di dunia ini mengaitkan kesuksesannya dengan kebiasaan bangun lebih bagi dan olahraga secara teratur. Bangun lebih pagi juga memberi kesempatan kepada kita untuk merencanakan hari dengan lebih baik. Apa saja yang perlu dilakukan, diselesaikan, siapa yang perlu ditemui, dll. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih fokus dan terselesaikan dengan baik.

Berikut ini 5 kebiasaan pagi yang bisa Anda tumbuhkan seperti ditulis dalam Boldsky (3/3/16).

1. Bangun lebih pagi

kebiasaan pagi

Photo dari pexels.com

Kebanyakan pemimpin dunia atau direktur perusahaan top bangun sangat pagi. Mereka biasanya sudah bangun sekitar pukul 04.30 atau 05.00 pagi.

Bangun lebih pagi memberi kesempatan kepada kita untuk merencanakan hari dengan tenang. Melihat lagi tujuan karir kita dan membuat langkah-langkah pencapaian untuk hari itu.

2. Pergi keluar

kebiasaan pagi

Photo dari pexels.com

Anda bisa melakukan lari, bersepeda, berenang, atau sekadar berjalan kaki di pagi hari. Yang penting adalah keluar dari rumah dan menikmati indah dan segarnya pagi.

Melakukan olahraga pagi bisa meningkatkan energi kita baik secara fisik maupun mental. Ini tentu akan memberi pengaruh positif terhadap produktivitas kita dalam bekerja.

3. Bersantai

kebiasaan pagi

Photo dari pexels.com

Bangun lebih pagi memberi kesempatan kepada kita untuk santai sejenak bersama keluarga. Bersenda gurau dengan anak-anak sebelum berangkat ke kantor, misalnya.

Kegiatan seperti ini bisa membuat kita lebih relaks, mengurangi stress, dan nantinya bisa bekerja dengan fresh.

4. Update perkembangan dunia

kebiasaan pagi

Photo dari pexels.com

Gunakan sedikit waktu di pagi hari untuk melihat apa yang terjadi di luar sana. Bisa melalui televisi atau media online. Mengetahui perkembangan terbaru bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk mengatur strategi. Atau mungkin sekadar bahan perbincangan dengan kolega atau rekan bisnis.

5. Buat to-do list untuk hari itu

kebiasaan pagi

Photo dari pexels.com

Sebelum memulai aktivitas menuju pekerjaan, buatlah to-do list terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan lebih terarah dalam bekerja. Urutkan berdasarkan prioritas, mana yang harus diselesaikan lebih dahulu dan mana yang bisa kemudian.

Tulis semua yang harus Anda lakukan hari itu, entah itu meeting dengan klien atau mampir ke apotik beli obat.

Selamat mencoba…