Foto dari pexels.com

Entah Anda karyawan yang sedang mencari penghasilan sampingan atau freelancer yang ingin menambah penghasilan, Anda bisa menjual produk digital sebagai salah satu pilihan.

Untuk bisa menghasilkan uang dari menjual produk digital, paling tidak Anda membutuhkan 3 keterampilan.

1. Keterampilan membuat produk

Ada beberapa macam produk digital yang bisa Anda jual memanfaatkan internet. Dua diantaranya adalah ebook dan video.

Anda bisa membuat ebook terkait keterampilan yang Anda miliki, misalnya ebook tentang fotografi, WordPress, SEO, digital marketing, dll.

Yang Anda butuhkan untuk membuat ebook adalah Microsoft Word untuk mengetik dan membuat lay out yang menarik. Setelah itu, Anda bisa simpan sebagai pdf dan jadilah ebooknya.

Untuk video, Anda bisa membuat video course atau video panduan terkait topik-topik di atas. Misalnya video course membuat blog WordPress langkah demi langkah.

Yang Anda butuhkan adalah software screen recorder yang bisa merekam aktivitas di layar laptop atau komputer Anda. Saya pribadi menggunakan Active Presenter untuk membuat video panduan. Software ini bisa didownload secara gratis.

2. Keterampilan membuat penawaran yang menarik dan berpengaruh

Bahasa kerennya adalah copywriting.

Setelah produk digital Anda jadi, Anda harus bisa membuat penawaran yang menarik dan berpengaruh agar orang yang membaca tergerak untuk membeli. Percuma kan kalau punya produk yang bagus tapi Anda tidak bisa menawarkannya. Atau tulisan penawaran Anda tidak menarik.

Untuk belajar lebih dalam soal copywriting yang menarik dan berpengaruh Anda bisa baca bukunya Joe Vitale yang berjudul “Hypnotic Writing“. Kalau mau yang bahasa Indonesia, Silakan baca bukunya Darmawan Aji yang berjudul “Hypnowriting“.

Saya punya kedua buku tersebut dan bagus untuk mengasah keterampilan membuat tulisan penawaran yang menarik dan berpengaruh.

3. Keterampilan mendatangkan pengunjung

Setelah tulisan penawarannya sudah dibuat dengan menarik, yang dibutuhkan selanjutnya adalah bagaimana mendatangkan orang untuk membacanya.

Penawaran bisa Anda letakkan di web/blog sebagai landing page atau diposting di facebook dan media sosial lainnya.

Landing page bisa Anda iklankan menggunakan Google Adwords atau fbAds. Yang terpenting dalam membuat iklan ini adalah membuat target audiens yang sesuai dengan produk digital Anda.

Selain cara berbayar, Anda pun bisa mendatangkan trafik pengunjung secara gratis. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan, misalnya membuat beberapa artikel dengan kata kunci yang banyak pencarian kemudian dibuat link ke landing page Anda.

Cara membuat artikel ini butuh kesabaran dan ketelatenan karena trafiknya tidak instan. Tapi, bisa berlaku jangka panjang. Beda dengan iklan yang akan berhenti mendatangkan trafik begitu dana iklan Anda habis.

Cara lainnya adalah posting di dinding facebook Anda secara berkala terkait produk digital yang Anda jual. Isinya tidak semata-mata jualan, tapi isi dengan sesuatu yang bermanfaat. Istilah kerennya soft selling.

Dalam postingan di status facebook tersebut sisipkan link ke halaman penjualan produk Anda.

Anda bisa juga membaca 15 Teknik Copywriting untuk Meningkatkan Klik di Media Sosial

Demikianlah 3 keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat sukses menjual produk digital. Semoga bermanfaat buat Anda…

Tulisan Lainnya:

Ingin Berkembang? Temukan Kompetitor! Semua orang ingin maju, ingin selalu ada peningkatan. Baik itu dalam karir, ekonomi, maupun kualitas pribadi. Namun, pernahkah Anda merasa ogah-ogahan...
Manfaat Madu Bagi Kesehatan Madu (Foto : Praisaeng / FreeDigitalPhotos.net) Pembaca tentu sudah tidak asing lagi dengan madu. Produk hasil dari lebah ini sudah digunakan seja...
Contoh Jawaban Rencana 5 Tahun ke Depan Saat Wawan... Foto dari Pexels.com Kalau Anda pernah mengikuti proses wawancara kerja, mungkin pernah mendapati pertanyaan “Apa rencana 5 tahun ke depan yang An...