perusahaan minyak dan gas

Foto : num_skyman / FreeDigitalPhotos.net

Siapa sih yang tidak mau diterima bekerja di perusahaan minyak dan gas? Gaji yang di atas rata-rata dan fasilitas lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pencari kerja. Daya tarik itu pula yang menjadikan persaingan untuk memasuki industri ini begitu besar. Diperlukan strategi yang jitu untuk dapat memenangkan satu kursi lowongan dan menyingkirkan sekian banyak kompetitor.

Pada postingan kali ini, saya akan menuliskan dua cara untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan minyak dan gas. Dua cara ini sudah saya buktikan sendiri, jadi bukan cerita atau sekadar konon kabarnya.

1. Rajin-rajin mencari informasi lowongan

Ketika lulus kuliah, Anda bebas mengirim lamaran dan CV ke perusahaan yang ditarget. Kapan saja Anda ingin. Jika beruntung Anda mendapat panggilan tes, atau paling tidak ucapan terima kasih sudah mengirimkan aplikasi. Namun, yang saya alami, lebih banyak tanpa kabar apa pun. Entah lamaran itu sampai atau tidak.

Agar lebih tertarget, rajin-rajinlah mencari informasi lowongan. Untuk lowongan perusahaan minyak dan gas, Anda bisa rutin cek di web career development center-nya Fakultas Teknik UI (http://cdc.eng.ui.ac.id/), job gallery-nya Petromindo (http://www.petromindo.com/jobgallery/), atau iklan koran Kompas. Anda bisa juga memanfaatkan situs media sosial seperti Linkedin.

Jika ketemu yang cocok, segera kirim lamaran Anda. Tulislah CV Anda dengan benar dan semenarik mungkin, jangan terlalu banyak lembar, dan tuliskan yang relevan saja dengan pekerjaan yang Anda lamar. Tuliskan pengalaman kerja Anda. Jika Anda freshgraduate, tuliskan pengalaman kerja praktek atau tugas akhir di perusahaan minyak dan gas. Jangan lupa untuk menuliskan pengalaman organisasi yang Anda miliki. Pengalaman organisasi bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan.

Apakah cukup sampai di situ?

Tentu saja tidak kawan.

Perlu waktu yang panjang untuk dapat melewati keseluruhan proses rekrutmen. Mulai dari tes tertulis, wawancara, hingga tes kesehatan. Pada bagian ini, ilmu pengetahuan, keterampilan, attitude, dan kesehatan Anda akan diuji. Jika Anda berhasil melaluinya dengan sukses, SELAMAT…

Tips lain tentang bagaimana cara menulis CV yang baik dan tips lainnya dapat Anda telusuri dalam blog saya ini. Atau dapat juga dibaca dalam ebook yang dapat diunduh pada halaman download.

2. Perluas kenalan Anda

Bukan sembarang kenalan ya, tapi kenalan yang bisa mendekatkan Anda dengan cita-cita Anda bekerja di perusahaan minyak dan gas. Anda boleh saja mengenal Agnes Monica, tapi rasanya kecil kemungkinan Anda bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan minyak dan gas darinya. Anda boleh kenal dengan Karen (yang saat tulisan ini dibuat masih menjabat direktur Pertamina), namun jika beliau tidak mengenal Anda ya percuma juga.

Tapi, saya masih mahasiswa Om, bagaimana cara kenal dengan Bapak-bapak itu?

Nah, justru karena masih mahasiswa sebenarnya saat yang tepat untuk melakukannya.

Caranya?

Aktif di kegiatan himpunan profesi.

Jika Anda seorang mahasiswa Geofisika, aktiflah di Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), mahasiswa Geologi ada IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia), mahasiswa Teknik Perminyakan ada IATMI (Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia). Masing-masing organisasi profesi ini memiliki pertemuan ilmiah yang digelar reguler setiap tahun. Ini adalah kesempatan emas untuk mengenal profesional minyak dan gas. Di luar itu ada IPA (Indonesian Petroleum Association). Organisasi-organisasi ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk tampil membawakan tulisan.

Jadi, bukan sekadar ikut. Tapi, buatlah tulisan ilmiah dan publikasikan dalam acara tahunan tersebut. Jika pun belum bisa, ikut saja sebagai peserta dan rajin mencari kenalan selama acara berlangsung.

Jika kenalan sudah didapat, kartu namanya jangan sekadar dikoleksi. Buat hubungan lanjutan, misalnya ucapan terima kasih sudah memberinya kartu nama. Ingatkan Anda dari mana, keahliannya apa, dll. Jika hubungan sudah terjalin baik, tidak menutup kemungkinan nantinya Anda dapat meminta informasi lowongan kerja atau magang.

Kadang kita tidak menyadari bahwa kesempatan kerja itu hanya berjarak seorang atau dua orang dari kita.

Nah, demikianlah dua cara mendapatkan pekerjaan di perusahaan minyak dan gas berdasarkan pengalaman saya. Jika Anda punya pengalaman yang berbeda, jangan ragu untuk membaginya ya…